11 Cool Surprise Birthday Party Ideas | PeerspacePesta ulang tahun seorang anak bisa membuat stres bagi orang tua mana pun. Mengawasi lusinan anak yang terlalu bersemangat bukanlah ide semua orang tentang hari Sabtu yang santai. Tetapi sebagai orang tua kita melakukannya karena mereka membawa begitu banyak kegembiraan bagi anak-anak kita, serta menciptakan kenangan keluarga yang bertahan seumur hidup. Dalam hal autisme dan pesta ulang tahun, meski tantangannya bisa lebih sulit, imbalannya bisa lebih besar. 

Jadi untuk membantu Anda dengan perencanaan pesta Anda, berikut adalah lima ide pesta ulang tahun ramah autisme.

PERTAMA, MENGAPA PESTA SULIT BAGI ANAK-ANAK DENGAN ASD? 

Pesta anak-anak memiliki banyak rangsangan sensorik serta norma-norma sosial yang asing, yang menurut anak-anak autisme sangat berlebihan. Musik yang keras, teriakan, dan nyanyian selamat ulang tahun semuanya berpotensi menyebabkan kelebihan sensorik.

Lalu ada aturan eksplisit dan implisit yang harus diikuti anak-anak saat bermain game pesta, yang sekali lagi bisa menjadi perjuangan. 

Dan meskipun pesta adalah cara yang bagus bagi anak-anak untuk belajar bersosialisasi di luar struktur sekolah, hal ini menambah tekanan lebih lanjut bagi mereka yang berjuang dengan komunikasi.

Tetapi perencanaan yang cermat dapat membantu Anda mengadakan pesta ulang tahun yang ramah autisme yang menghindari banyak masalah ini. 

1. BUAT AGAR TETAP KECIL DAN SINGKAT            

Mungkin nasihat terpenting adalah memulai dari yang kecil. Jika ini adalah pesta ulang tahun pertama yang Anda adakan untuk anak Anda, mungkin undang saja beberapa teman. Orang tua sering kali merasa perlu mengundang seluruh kelas, atau membalas setiap undangan yang telah diterima anak mereka sebelumnya. Tetapi Anda perlu melakukan apa yang terbaik untuk anak Anda, dan orang tua lain akan memahami hal ini.   

Atau Anda mungkin merasa lebih nyaman hanya mengundang beberapa anggota keluarga yang memiliki ikatan dekat dengan anak Anda, seperti kakek-nenek dan sepupu. Kemudian, seiring bertambahnya usia anak Anda, Anda dapat mulai mengundang beberapa teman sekolah.

Selain menjaga daftar tamu tetap kecil, ada baiknya juga untuk menjaga agar waktu tayang tetap singkat. Rencanakan ini berdasarkan rentang perhatian dan tingkat energi anak Anda. Jika menurut Anda hanya setengah jam aktivitas dan setengah jam untuk makan sudah cukup, maka tidak apa-apa. Anda bisa membuat undangan menarik dengan free birthday invitation templates.

2. PILIH LOKASI YANG COCOK    

Selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan di mana lokasi pesta ulang tahun yang paling cocok. Menurut Anda, apakah anak Anda akan merasa paling nyaman di lingkungan rumah yang familier, atau apakah mereka akan lebih menikmati hari besar mereka di lokasi lain?

Jika Anda memutuskan untuk pergi ke suatu tempat seperti restoran atau pusat bermain dalam ruangan, ada baiknya jika anak Anda sudah terbiasa dengan tempat tersebut. Melakukan “latihan lari” minggu sebelumnya juga bisa menjadi langkah yang bijaksana, karena mempersiapkan mereka untuk apa yang diharapkan. Bahkan hal-hal kecil seperti mengetahui di mana kamar mandi atau di mana meja akan berada dapat membantu persiapan. Dan beberapa tempat pesta sekarang menjadi tuan rumah hari-hari ramah sensorik, seperti Chuck E Cheese.

3. RENCANAKAN KEGIATAN DENGAN CERMAT 

Kegiatan ulang tahun yang Anda pilih tentunya akan didasarkan pada minat dan kemampuan anak Anda (toh, Anda tahu anak Anda yang terbaik!). Namun secara umum, aktivitas yang memiliki banyak aturan, pengambilan giliran, atau suara keras dapat menjadi tantangan terbesar. Jadi hal-hal seperti kursi musik atau parsel mungkin sebaiknya dihindari. 

Karena itu, fokuslah pada apa yang anak Anda sukai. Misalnya, jika anak Anda suka bermain Lego, aktivitas utamanya adalah waktu bermain Lego yang tidak terstruktur. Atau jika anak Anda suka mencoba tangan mereka di dapur, Anda bisa membuat topping pizzanya sendiri. 

4. TENTUKAN PENDEKATAN TERBAIK UNTUK PEMBERIAN HADIAH  

Upacara yang disertai dengan penerimaan dan pembukaan hadiah bisa jadi sulit bagi beberapa anak. Sekali lagi, Anda akan tahu yang terbaik bagaimana anak Anda menanggapi pembukaan kado, tetapi banyak anak dengan ASD menjadi kewalahan dengan menjadi pusat perhatian. Oleh karena itu, beberapa keluarga lebih memilih untuk menyimpan hadiah dan membukanya nanti hanya dengan keluarga dekat yang hadir. Sedangkan keluarga lain meminta agar tamu tidak membawa hadiah.

5. PERTIMBANGKAN PENGOBATAN ALTERNATIF

Kita semua tahu masalah yang muncul akibat terlalu banyak makanan dan minuman manis. Karena itu cobalah dan gantikan jajanan pesta tradisional dengan alternatif sehat. Buah dan wortel selalu menjadi alternatif yang bagus, seperti halnya jus buah alami yang diencerkan. Dan kue ulang tahun juga tidak wajib. Misalnya, jika Anda merasa anak Anda lebih suka es krim, lakukan saja. 

DAN INGAT, JANGAN MERASA TERTEKAN UNTUK MENGADAKAN PESTA “TRADISIONAL”

Seperti halnya Natal dan hari libur, orang tua sering kali dapat merasakan tekanan untuk mengadakan pesta ulang tahun “tradisional” untuk anak-anak mereka. Tetapi seperti yang diketahui orang tua dari anak dengan ASD, autisme dan pesta ulang tahun perlu direncanakan dan dipertimbangkan dengan cermat. Bagaimanapun, ini tentang melakukan sesuatu yang disukai anak Anda, daripada melakukan apa yang diharapkan orang lain.

5 TIPS UNTUK MEMBUAT PESTA ULANG TAHUN RAMAH AUTISME YANG MENGAGUMKAN

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *